Berikut 6 Ide Usaha Sampingan di Desa Bikin Cuan Maksimal

Photo of author

By admin

Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap bukan berarti bersantai setelahnya. Banyak yang justru membuka usaha sampingan demi menambah penghasilan. Tidak kecuali bagi yang tinggal di desa, banyak juga ide usaha sampingan yang bisa dicoba.

Menjalankan usaha sampingan bukan berarti bisa seenaknya. Sama halnya dengan usaha/ pekerjaan utama, selain mencari ide usaha yang tepat penting juga perlu survei hingga menentukan target pasar yang tepat. Untuk selengkapnya tentang usaha sampingan di desa, yuk baca ulasan lengkap tulisan di bawah ini.

Apa Itu Usaha Sampingan?

Usaha sampingan adalah bisnis atau pekerjaan yang dilakukan seseorang selain pekerjaan utama dengan tujuan menambah penghasilan. Bagi masyarakat desa sendiri, umumnya pekerjaan sampingan dengan memanfaatkan potensi local serta sumber daya yang ada di desa. Harapannya, dengan memiliki pekerjaan sampingan tersebut akan jauh dari kemiskinan serta kesejahteraan tercapai.

Ide Usaha Sampingan di Desa

Beriku ini ide usaha sampingan yang dapat dilakukan penduduk desa, antara lain:

1. Jasa Jahit

Usaha jahit baju masih potensial untuk menjadi usaha sampingan terutama bagi ibu- ibu yang tidak bisa bekerja di luar rumah. Sebagai usaha sampingan, menjahit memiliki waktu yang fleksibekl. Artinya, pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja sesuai waktu senggang pemilik usaha.

Selain itu, jasa jahit juga memiliki pangsa pasar yang luas. Terlebih menjelang lebaran banyak yang membutuhkan jasa jahit untuk baju digunakan lebaran. Begitupun menjelang tahun ajaran baru. Umumnya siswa dari sekolah mendapatkan kain saja sehingga membutuhkan jasa jahit untuk seragam sekolah.

ide usaha sampingan jahit

Ingin membuka usaha jahit tapi tidak memiliki ketrampilan? Tenang saja. Anda dapat mengikuti les atau kursus menjahit dengan biaya yang cukup terjangkau. Bisa juga belajar secara otodidak melalu chanel youtube yang banyak membahas tentang tata cara menjahit dari tingkat dasar hingga mahir.

2. SPBU Mini

Setiap kendaraan bermotor untuk dapat berjalan tentu membutuhkan bahan bakar minyak. Sayangnya untuk membeli ke POM bensin biasanya terkendala jarak. Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka SPBU mini dengan menyediakan beragam bahan bakar dari mulai bensil, oil dan juga solar

3. Bimbingan Belajar

Banyak orang tua yang mengeluhkan sulitnya mengajari anaknya saat belajar. Selain karena minimnya pengetahuan juga banyak mata pelajaran yang diterima dahulu berbeda dengan sekarang.

Di sisi lain, anak perlu mendapat bimbingan agar tidak ketinggalan pelajaran. Melihat fenomena tersebut, bagi Anda yang memiliki skill mengajar bisa membuka bimbingan belajar di rumah. Untuk bimbel sendiri Anda bisa membukanya saat malam hari sehingga tidak mengganggu aktivitas atau pekerjaan utama Anda pada siang hari.

Selain menambah penghasilan, usaha bimbel ini juga mengamalkan ilmu yang Anda miliki lho. Bisa dibilang juga bimbel ini ide usaha di desa minim pesaing juga karena tidak semua orang bisa melakukannya

4. Beternak

Lahan yang luas dan ketersediaan pakan membuat banyak penduduk desa memiliki usaha sampingan beternak. Terutama bagi petani yang memanfaatkan pohon sisa panen untuk pakan ternak sapi atau kambing

Biasanya hasil ternak akan dijual saat kemarau dimana lahan pertanian kurang produktif sehingga tetap mendapatkan penghasilan meskipun musim paceklik.

5. Usaha Jajanan Tradisional

Di tengah perkembangan jaman dan semakin beragam camilan yang dijual nyatanya tidak menggeser minat akan jajanan tradisional. Malah dengan berbagai inovasi jajanan permintaannya pun semakin meningkat. Tentunya hal tersebut menjadi peluang emas khususnya bagi penduduk desa yang umumnya paham proses pembuatan jajanan tradisional

Untuk pemasarannya sendiri bisa dititipkan ke pedagang lain yang ada di pasar atau warung sekitar tempat tinggal. Jika memiliki tempat strategis, bisa menjualnya secara langsung ke masyarakat. Bisa juga dengan memasarkannya secara online dengan memanfaatkan media sosial dan internet.

6. Usaha Kerajinan Tangan

Selain berbagai usaha diatas, Anda juga bisa memanfaatkan keterampilan membuat kerajinan tangan dengan bahan baku yang ada di sekitar seperti bertenun, menganyang, membatik, menyulam dan sebagainya. Terlebih jika desa tempat tinggalnya menjadi tujuan wisata, membuat souvenir khas daerah setempat bisa sangat menguntungkan.

ide usaha sampingan kerajinan tangan

Selain menggunakan bahan baku dari sumber daya alam, bisa juga membuat kerajinan tangan dari bahan baku limbah. Dengan kreativitas serta keunikan, material limbah yang tidak berguna bisa didaur-ulang menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai estetik.

Terlebih saat ini, untuk memasarkan juga banyak caranya. Anda bisa memanfaatkan media sosial hingga produk kerajinan tersebut dapat dikenal luas masyarakat. Bisa juga menjualnya melalui berbagai e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan juga Lazada.

Anda juga dapat mengenalkan langsung produk kerajinan secara langsung dengan mengikuti bazar atau event yang banyak diselenggarakan baik pemerintah maupun swasta. Melalui berbagai event tersebut produk semakin di kenal masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Penutup

Untuk hidup sejahtera dengan penghasilan yang cukup tidak melulu dengan bekerja di kota. Di desa pun dengan memanfaatkan potensi yang ada serta pandai dalam membaca peluang, nyata juga dapat hidup sejahtera. Salah satu caranya tentu saja selain memiliki pekerjaan utama juga memiliki pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan cuan maksimal.

Terakhir, untuk para ibu yang masih bingung usaha apa yang cocok untuknya, kumpul di sini. Yuk, baca juga artikel kami selanjutnya Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga untuk inspirasi usaha. Selamat membaca!

Bagikan:

34 pemikiran pada “Berikut 6 Ide Usaha Sampingan di Desa Bikin Cuan Maksimal”

  1. Jasa jahit emang terbaik sih kalau di desa. Orang desa biasanya lebih suka jahitin baju sendiri kalau ada acara-acara gitu. Sama SPBU mini.

    Balas
  2. spbu mini nih yang banyak menjamur di desa. tapi kenyataannya memang dibutuhkan banget sih sama masyarakat ya. apalagi jumlah orang yang punya kendaraan makin banyak

    Balas
  3. Ibu saya tinggal di desa, sukses buka jasa jahit. Sudah puluhan tahun dan sudah punya pelanggan tetap.
    Sedangkan adik, tinggal di desa yang sama, buka usaha laundry, bengkel motor dan elektronik.

    Balas
  4. Peluang usaha di desa sebenarnya banyak. Jadi tinggal disesuaikan passion maisng-masing. Apalagi semakin tahun, kehidupan di desa juga semakin meningkat dan ramai. Banyak kebutuhan-kebutuhan baru di sana. Termasuk membuka bimbingan belajar.

    Balas
  5. Beternak jadi langkah bagus juga dalam berbisnis di rumah, karena peulangnya minimal tetangga udah pada ngetekin buat beli hihi

    Balas
  6. saya tertarik buka bimbingan belajar jika tinggal di desa..soalnya hal yang begini masih jarang sekali meskii ya biasanya dari sekolah juga ada tapi tinggal cari cara yang unik biar beda dari lainnya

    Balas
  7. Jaman sekarang sudah masuk internet, usaha sampingan bisa dijalankan dengan makin mudah ya
    Jasa jahit seperti nya di kampung saya bakalan laku nih
    Soalnya udah jarang banget
    Udah banyak beralih ke yg beli baju jadi gitu

    Balas
  8. Saat mudik ke desa pada lebaran lalu, banyak kulihat orang desa membuka pom mini
    Nampaknya pom mini jadi usaha sampingan yang banyak dilakukan oleh masyarakat desa

    Balas
  9. JAngan lupa untuk Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat di desa. MeMulai dari modal kecil dan kembangkan usaha secara bertahap.
    Jngn lup untuk Berikan layanan yang terbaik kepada pelanggan agar mereka puas dan kembali lagi.
    Terus Manfaatkan pula teknologi digital untuk memasarkan produk atau layanan.
    Plus jangan males Ikuti pelatihan dan seminar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

    Balas
  10. Keren semua ide usaha sampingannya kak. Satu lagi sih kalo mau cb. Bisnis air minum isi ulang. Skrg org2 desa mulai males masak air utk minum. Mereka sdh mulai minum air kemasan galon biar praktis. Budaya kota udh mewabah ke desa nih. Meski msh ada sih yg mengonsumsi air sumur krn emg msh jernih bgt kl di desa. Tp ya pelan2 budaya itu mkn berkurang.

    Balas
  11. Waahh bisa nih diterapkan beberapa ide usahanya, bisa disesuaikan dengan hobi maupun modal yang sesuai dengan budget.

    Balas
  12. dulu ibu ku penjahit yang grame banget di daerah, hampir satu kabupaten kenal dan ngejahitin di ibuku, dari jaman aku kecil sampai sebelum masa pandemi, jahitan gak pernah sepi. tapi setelah pandemi itu, benar-benar sepi, satu bulan hanya paling 1 -2 orang yg jahit. apalagi sekarang, harga baju jadi bisa jauuuuh lebih murah daripada ongkos jahit

    Balas
  13. Kalau di tempat ibuku, yang paling laku saat ini adalah jualan jajanan. Itu laris manis, deh. Biasanya si mbak bawa jajanan pagi sekitar jam 6, kira-kira jam 9 an muter kampung dah ludes. Luar biasa emang.

    Balas
  14. Kalau di tempatku yang cukup bagus cuan nya jadi penjahit kak. Memang, gak semua orang bisa skill itu, tapi dibutuhkan banget. Apalagi menjelang lebaran dan penerimaan siswa baru.

    Balas
  15. Kalau di tempatku yang cukup bagus cuan nya jadi penjahit kak. Memang, gak semua orang bisa skill itu, tapi dibutuhkan banget. Apalagi menjelang lebaran dan penerimaan siswa baru, pasti rame.

    Balas
  16. Di desa memang banyak peluang sebenernya, termasuk membuat kerajinan tnagan. ini sebenernya peluang untuk bisa eksport juga karena negara luar udah banyak yang mencari cinderamata dari Indonesia.

    Balas
  17. Pengen buka bimbel sendiri di rumah. Cita cita dari dulu sih tapi lom kesampaian. Soalnya niatnya masih maju mundur. Hehe

    Balas
  18. Didesaku selain bertani dan berternak, banyak warga yang memiliki usaha ikan asap karena memang dekat dengan laut. Aku lihat punya warung kelontong juga potensinya bagus. Soalnya warga tidak perlu jauh-jauh kekota buat belanja bahan makanan.

    Balas
  19. Saya kebetulan hidup di pedesaan kak. dari list di artikel ini, menurut saya ide usaha paling cuan yang jasa jahit sama SPBU mini. itu pada laris banget banyak konsumennya

    Balas
  20. Wah SPBU mini ini, secara ya, saya kan tinggal di desa, untuk pergi ke pok bensin paling dekat ya dikecamatan yang memakan waktu 10-15 menit perjalanan. Kebayang gak tuh? Jadinya ya beli si eceran atau SPBU mini.

    Balas
  21. Paling laku di desa itu jahit, jualan jajanan, sama jual pulsa kalau sekarang, Kak. Bahkan tidak lagi jadi usaha sampingan, bisa jadi usaha utama jika ditekuni

    Balas
  22. Paling laku di desa itu jahit, jualan jajanan, sama jual pulsa kalau sekarang, Kak. Bahkan tidak lagi jadi usaha sampingan, bisa jadi usaha utama jika ditekuni dan dikelola dengan benar

    Balas
  23. semenjak internet semakin mudah di akses ini, desaku yang dulu seolah-olah tidak ada perkembangan sekarang bergeliat. Banyak yang usaha makanan lalu ditawarkan secara online melalui grup lokal di medsos

    Balas
  24. Ide-ide usaha sampingannya keren banget ya! Gak cuma menambah penghasilan, tapi juga bikin masyarakat desa lebih mandiri. Mulai dari jasa-jasa kreatif sampe beternak, semuanya terlihat bisa bikin hidup makin berwarna dan sejahtera. Pasti bakal menginspirasi banyak orang nih! 💡🌟

    Balas

Tinggalkan komentar