10 Inspirasi Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Photo of author

By admin

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hilang kesempatan untuk menghasilkan uang sehingga mandiri finansial. Justru berada di rumah pun para ibu khususnya dapat membuka usaha sembari menjalankan tugas domestiK rumah tangga. Terlebih dengan semakin banyak ibu rumah tangga yang melek teknologi baik yang tinggal di kota maupun di desa membuat kesempatan tersebut semakin lebar. Seperti pada artikel ini yang akan mengulas peluang usaha di rumah yang bisa ibu rumah tangga jalankan. Simak sampai akhir ya.

Sebelum membahas ide usaha apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga, terlebih dahulu akan membahas tentang perlunya ibu rumah tangga penghasilan sendiri. Berpenghasilan sendiri bagi ibu rumah tangga bukan sekedar membantu suami mencari nafkah. Lebih dari itu, pemberdayaan IRT dengan bekerja memperkuat posisinya di berbagai aspek kehidupan serta meningkatkan rasa percaya diri.

Terlebih untuk menghasilkan uang kini tidak harus meninggalkan rumah. Artinya, tetap bisa menjalankan peran utamanya yaitu mengasuh anak dan mengatur rumahnya dengan mencari peluang usaha yang bisa dijalankan di rumah.

Alasan Ibu Rumah Tangga Harus Punya Penghasilan

Mandiri Finansial

Banyak yang beranggapan sebagai ibu rumah tangga tugas utama mengurus rumah tangga, sedangkan untuk finansial diserahkan sepenuhnya kepada kepala keluarga yaitu suami. Padahal sebagai ibu rumah tangga juga memiliki kebutuhan pribadi seperti skincare, untuk me- time hingga jajanan yang kadang tidak masuk dalam nafkah.

Jika nafkah yang diberikan suami berlebih tentu tidak masalah, namun jika sebaliknya tentu akan membuat sedih ibu rumah tangga. Hal demikian tidak akan dialami oleh ibu rumah tangga yang memiliki penghasilan sendiri karena secara finansial ia akan mandiri.

Meningkatkan Percaya Diri

Kemampuan mandiri secara finansial akan meningkatkan rasa percaya diri bagi ibu rumah tangga, merasa dihargai dan mendapatkan pengakuan di masyarakat. Memiliki penghasilan sendiri juga lebih berdaya dan percaya diri menghadapi berbagai tantangan dalam berumah tangga

Pengen Usaha di Rumah Tapi Apa Ya?

Saat ini banyak sekali usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Namun sebelum eksekusi memulai usaha, penting melakukan penelitian usaha apa yang cocok di sekitar tempat tinggal sehingga tidak mengalami kegagalan.

Ide Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi Anda ibu rumah tangga dan saat ini sedang mencari ide usaha, berikut ini 10 ide usaha rumahan minim modal.

1. Katering

Salah satu usaha sepanjang jaman yaitu di bidang makanan, katering contohnya. Terlebih sekarang kebutuhan kantor atau hajatan ingin serba praktis dan cepat sehingga menyerahkan pada katering untuk mengurusnya. Melihat peluang tersebut, Anda bisa membuka usaha catering di rumah. Terlebih bagi desa yang dekat dengan kawasan industry atau instansi, bisnis catering ini cukup potensial.

2. Jual Makanan dan Minuman Ringan

Ibu rumah tangga bisa memulai usaha di rumah dengan menyediakan makanan dan minuman ringan seperti snack dengan target pasar anak- anak. Bagi yang lingkungan banyak anak- anak, usaha ini cukup laris manis.

peluang usaha di rumah tanpa modal

3. Jasa Cuci Setrika

Bingung mau buka usaha tapi tidak memiliki modal dan tidak memiliki keahlian? Anda bisa memanfaatkan tenaga Anda dengan membuka jasa cuci setrika. Anda bisa membawa baju pengguna jasa Anda dan mengembalikan jika sudah rapi tersetrika. Usaha ini baik di desa maupun di kota cukup banyak peminatnya terutama bagi pekerja yang membutuhkan bantuan tenaga untuk membereskan rumahnya

4. Jasa Jahit

Jika Anda memiliki kemampuan dalam menjahit, tidak ada salahnya membuka jasa jahit di rumah. Selain bisa menjadi usaha sampingan di rumah, jasa jahit termasum minim modal karena hanya membutuhkan alat jahit yang harganya pun beragam sesuai kemampuan

5. Jasa Les Privat

Apabila Anda memiliki kemampuan mengajar, bisa membuka les privat untuk berbagai pelajaran seperti matematika, bahasa inggris juga calistung. Usaha ini bisa dibilang tanpa modal karena hanya mengandalkan skill mengajar saja. Tentu saja Anda tetap bisa melakukannya di rumah sembari mengasuh anak- anak.

6. Warung Sembako

Anda bisa juga membuka warung sembako yang menyediakan kebutuhan sehari- hari. Untuk besar kecilnya bisa disesuaikan dengan besaran modal yang dimiliki. Anda bisa memulai menjual barang yang memang dibutuhkan sehari- hari sehingga cepat laku.

7. Toko Online

Dengan kemajuan teknologi dan internet sudah masuk desa membuat peluang usaha semakin luas. Bagi Anda ibu rumah tangga yang ingin memanfaatkan hape yang dimilikinya untuk mendapatkan cuan bisa dengan buka toko online. Usaha online bisa tanpa modal dengan sistem dropship yang mana Anda tidak perlu stok barang di rumah.

peluang usaha online di rumah

8. Bisnis Kecantikan

Kesadaran akan tampil cantik dan glowing membuat bisnis kecantikan saat ini sedang naik daun. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan menjadi agen produk kecantikan sekaligus menyediakan layanan perawatan hingga jasa make-up di rumah.

9. Bisnis Kue Kering

Meskipun bisnis kue kering itu usaha musiman yaitu ramai menjelang lebaran tapi cukup menguntungkan. Apalagi jika Anda berani berinovasi serta memiliki produk yang unik tentu membuat pelanggan setia membeli di tempat Anda. Caranya Anda dapat menghadirkan kue kering dengan berbagai rasa dan varian serta memiliki kemasan yang menarik

10. Pembuatan Handycraft

Anda juga bisa mengembangkan keterampilan tangan Anda sebagai usaha di rumah seperti membuat tas rajut atau membuat aksesoris yang unik dan kualitas. Untuk penjualannya bisa menawarkan pada kenalan atau dijual secara online sehingga memiliki pangsa pasar yang luas.

Penutup

Memiliki status ibu rumah tangga bukan alasan untuk tidak mandiri secara finansial. Apalagi sekarang peluang usaha di rumah semakin terbuka lebar. Anda yang ingin memulai usaha bisa mengambil salah satu ide usaha diatas. Baca juga yuk artikel selanjutnya tentang Tren Usaha di Desa Tahun 2024 agar usaha Anda sukses di masa mendatang.

Bagikan:

15 pemikiran pada “10 Inspirasi Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa”

  1. Benar juga ya, alasan ibu rumah tangga berwirausaha adalah membantu keuangan keluarga biar bisa mandiri secara finansial.

    Balas
  2. bisnis makanan kecil/snack nih yang dijalankan tanteku. padahal di desa, tapi ternyata peminatnya banyak. saat ini orang lebih tertarik hal-hal praktis untuk urusan makanan

    Balas
  3. Jadi teringat ibu rumah tangga yang menjual hp anaknya agar mereka bisa makan (karena si bapak berbulan-bulan nggak kasih nafkah). Duh, seandainya ia tergerak dan ada yang memodalinya membuat usaha di desa.

    Balas
  4. Memang ya kalau kita mau ngulik, celah itu pasti ada. Setuju sih kalau ibu rumah tangga harus berdaya karena dalam fase ini ada banyaak banget hal-hal yang direlakan. Dengan berdaya, kita bisa lebih positif memandang diri sendiri.

    Balas
  5. Sebagai ibu rumah tangga, zaman now bisa usaha rumahan, termasuk tinggal di desa. Sudah banyak peluang, apalagi dengan bantuan internet lagi. Yang pasti, sesuaikan pasion saja dan terus semangat menjalankan usaha.

    Balas
  6. Wah warung sembako beneran deh recomen banget buat ibu-ibu, apalagi yang tinggal di perumahan dan perkampungan. Saudara saya di kampung bisa sampai beli mobil bekas, terus tetangga di depan rumah Mbak saya juga garasinya dijadikan toko.

    Balas
  7. Sepakat banget, ibu rumah tangga tuh harus punya penghasilan, wong kerjanya juga di rumah kan. Sesuaikan aja sama kemampuan atau mau coba skill baru juga boleh banget. Hidup ibu rumah tangga! Hehe..

    Balas
  8. Aku pernah nih usaha katering yg kukelola bareng nyokap. Sumpah capeknya minta ampun krn kita masih awal.

    Jd ribetnya tuh di awal krn hrs door to door nawarin. Atau via kenalan. Soalnya kalo hrs nego dgn pihak kursusan (krn rumahku dkt Kampung Inggris Pare), agak memberatkan ya.

    Akhirnya bangkrut krn hrs masak 3x utk menu berbeda. Capek bgt. Kyknya hrs fokus jual satu makanan aja deh biar ga ngeberatin nyokap.

    Balas
  9. Kayanya udah waktunya kita semua ngehargai banget peran ibu rumah tangga, termasuk kebutuhan mereka yang nggak cuma seputar rumah tangga. Punya penghasilan sendiri bukan cuma soal finansial, tapi juga soal percaya diri dan empowerment. Jadi, penting banget bagi ibu rumah tangga buat bisa punya sumber penghasilan sendiri, bukan cuma buat diri mereka sendiri, tapi juga buat ngerasa lebih berdaya dan dihargai di masyarakat.

    Balas
  10. Warung sembako sih kalau didesaku lumayan potensi, soalnya masih belum banyak yang buka dan masyarakatnya ga perlu jauh-jauh keluar desa untuk beli. Selain itu, khusus di daerah yang dekat dengan pantai seperti didesaku, usaha pengasapan ikan potensi banget.

    Balas
  11. Buka warung sembako sama aja saja itu menurut saya paling oke sebagai ide peluang usaha di desa. karena semua orang jelas butuh sembako dan biasanya jasa jahit dibutuhkan untuk bikin baju seragam anak sampai bikin baju buat acara kondangan

    Balas
  12. Kalau digali lagi masih banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan di desa. Wiit di kota juga bisa diterapin loh. Terutama yg usaha les ini. Banyak yg butuh

    Balas

Tinggalkan komentar