8 Bagian Wajib Cek Saat Servis Motor

Saat ini keberadaan motor ibarat kaki yang membantu gerak lebih mudah dan cepat. Selain anti macet, mudah dalam memparkirnya juga harganya relatif terjangkau. Tidak mengherankan jika motor jadi andalan siapapun untuk bekerja, antar jemput anak sekolah hingga wisata rombongan.

Agar performa motor tetap optimal dan wush- wush dijalan perlu dilakukan perawatan secara berkala. Biasanya untuk perawatan sendiri berdasarkan jarak yang sudah ditempuh serta intensitas pemakaian. Di dalam buku panduan serta buku servis ada ketentuan berapa jarak yang ditempuh untuk dilakukan servis.

Agar setelah servis performa motor kembali baru, ada beberapa bagian motor yang wajib dicek saat servis. Dari mulai ganti oli, rem, ban hingga filter udara. Untuk ulasan lengkapnya baca sampai selesai ya karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Bagian Motor yang Harus Dicek Saat Servis

Contents

Sebelum pergi ke bengkel motor kesayangan pastikan sudah tahu bagian motor mana saja yang perlu dicek. Jika perlu, bisa bikin catatan serta ceklis sehingga tidak ada yang tertinggal.

Oli Mesin

Memiliki fungsi yang vital, oli mesin wajib ganti secara rutin. Setidaknya ada tiga fungsi utama oli mesin yaitu sebagai pelumas, pelindung serta pendingin mesin. Rata- rata fabrikan kendaraan bermotor merekomendasikan untuk mengganti oli setelah kendaraan menempuh jarak sekitar 2500km atau tergantung intensitas pemakaian kendaraan.

Kita bersyukur, beberapa tahun terakhir ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani rekomendasikan penggantian oli mesin sampai 5000km. Artinya dua kali lebih lama dari oli biasa karena oli tersebut sudah menggunakan teknologi ester. Jadi tepat jika retailer tersebut mengklaim bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa karena base oil tertinggi di kelas oli

 

Oli Gardan

Selain haru memperhatikan oli mesin, bagi pengguna motor matic juga harus memperhatikan penggantian oli gardan yang memiliki fungsi melumasi gear di Continuosly Variable Tranmission (CVT). Untuk aturan prnggantian oli gaardan sendiri 2 kali ganti oli mesin baru satu kali ganti oli gardan. Biasanya saat mengganti oli motor matic maupun oli mesin, selain membeli oli juga membayar jasa ganti oli.

Busi

Busi ini termasuk bagian motor yang cukup kecil dengan harga yang terjangkau namun memiliki fungsi vital. Bagian busi inilah yang mengubah aliran listrik menjadi percikan api sehingga kendaraan bisa menyala. Busi inii perlu diganti bisa karena sudah ruusak atau kotor sehingga kendaraan sulit dinyalakan

Rem

Sistem rem ini penting sekali karena berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara. Terutama saat kampas rem sudah tipis perlu segera diganti karena bisa membahayakan bahkan menyebabkan kecelakaan.

Filter Udara

Motor terasa kasar saat dikendarai? Bisa jadi filter udara sedang bermasalah. Filter udara inilah yang menyaring udara agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran sehingga tidak menyumbat injeksi dan karbulator. Saat dilakukan pengecekan, akan diberitahukan apakah filter udara ini perlu diganti atau hanya perlu dibersihkan saja.

Aki atau Accu

Saat aki dalam kondisi normal memiliki tegangan 12,3 hingga 12,6 volt saat mesin motor mati. Sedangkan saat mesin nyala tegangan aki mencapai 13,7 hingga 14,2 volt. Jika tegangan tidak sesuai ketentuan tersebut bisa jadi karena ada kebocoran hingga terminal berkarat sehingga aki harus diganti demi kenyamanan saat berkendara.

Ban

Bukan hanya bagian dalam kendaraan seperti busi, oli, hingga aki yang jadi perhatian saat servis, mekanik juga fokus memeriksa kondisi ban. Terutama pada tekanan udara pada ban, tipis atau tidaknya ban sehingga tidak membahayakan saat berkendara dan sebagainya.

Tune up Motor

Secara berkala wajib melakukan servis motor tune up untuk dilakukan pemeriksaan terhadap komponen motor secara keseluruhan. Kompone tersebut meliputi pemeriksaan filter udara, tekanan ban, kondisi lampu hingga kondisi klakson.

Saat tune up, bisa saja mekanik menemukan komponen motor yang harus segera diganti seperti oli, busi atau bagian lainnya. Mekanik akan menginfokan terlebih dahulu untuk penggantinnya. Jika pemilik kendaraan setuju maka akan dilakukan perbaikan.

Memilih Bengkel Servis Motor Terbaik

Bicara servis motor tentu harus mencari bengkel yang bagus dan dapat diandalkan. Salah satu bengkel rekomendasi untuk servis motor yaitu Planet Ban yang mana menawarkan servis mesin rasa baru. Servis tersebut tidak hanya mengganti bagian motor yang rusak saja tetapi juga meng-upgrade performa motor dengan cepat dan juga hemat.

Selain itu saat servis di Planet Ban akan memiliki banyak manfaat antara lain:

  1. Planet Ban memiliki oli dan cairan khusus yang dapat meningkatkan performa motor karena selain berteknologi tinggi juga mampu memproteksi mesin
  2. Pemakaian motor lebih tahan ama, mesin awet dingin dan tarikan lebih enteng
  3. Cukup ganti oli saat jarak tempuh 5000km atau 2 kali dari jarak menggunakan oli biasa.
  4. Lebih ramah lingkungan karena emisi dan karbon hasil pembakaran motor berkurang

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Bengkel lainnya

Kamu pernah merasakan setelah servis tapi tarikan motor masih terasa berat? Bisa jadi karena masih ada debu, kotoran hingga sisa pembakaran di beberapa bagian mesin terutama di blok CVT.

Jika servis motor di Planet Ban, tidak mengalami hal demikian. Mengapa? Di Planet Ban pembersihan dilakukan secara menyeluruh sehingga motor seperti rasa baru. Dari mulia klep mesin, pisto hingga kepala silinder bebas dari sisa pembakaran sehingga tarikan lebih enteng, emisi karbon turun hingga 70% serta membuat lebih hemat penggunaan BBM

Selain itu biaya servis di Planet Ban sangat terjangkau. Untuk servis injeksi saja hanya Rp. 20.000/servis. Sedangkan untuk servis CVT dan rantai hanya Rp. 19.500/servis sedangkan untuk servis throttle body cuma dengan biaya Rp.20.000,- saja.

Setelah mengetahui bagian wajib yang harus di cek saat servis serta manfaatnya rasanya rugi kalau tidak servis rutin. Apalagi jika servisnya di Planet Ban karena selain hemat, motor kembali rasa baru cabang Planet Ban pun suudah ada dimana- mana. Jadi tunggu apalagi? Segera servis motor kesayangan kamu ya

28 pemikiran pada “8 Bagian Wajib Cek Saat Servis Motor”

  1. Motor sebagai kendaraan yang terus bergerak tentu harus rutin diservis. Inti tentu agar mesinnya tetap bagus dan tetap awet. Pemilihan bengkel servis juga harus hati-hati karena menentukan apakah hasil servisnya memuaskan atau tidak. Alhamdulillah servis motor di Planet Ban sejauh ini memuaskan ^_^

    Balas
  2. Yes, bagian-bagian yang wajib di sek saat servis motor perlu diperhatikan karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan dalam berkendara, dan memercayakan servis motor ke Planet Ban bisa jadi solusi yang akan memudahkan kita

    Balas
  3. Aku seneng banget karena kini bengkel Planet Ban uda banyak di berbagai lokasi di Bandung. Jadi memang servis motor berkala di bengkel terpercaya ini penting banget. Salah salah, kalo mekaniknya gak menguasai mesin, bisa di “kerjain”. Huhuhu..

    Balas
  4. Dulu waktu punya motor jarang banget perhatiaan sama hal-hal begini, tinggal serahin ke bengkel dan mereka yang cek tapi ya gitu harganya jadi muahaall hehe tapi kalau ada planet ban dekat tempat tinggal langsung kesana aja ya haha tanpa mumet cek lagi

    Balas
  5. Bener banget. Sepeda motor memang kudu rajin dirawat, salah satunya dengan cek berkala atau servis. Biasanya memang oli, ban yang menipis, atau bagian dalam. Memang penting nyari tempat yang terpercaya buat motor. Makasi infonya.

    Balas
  6. Bener banget. Sepeda motor memang kudu rajin dirawat, salah satunya dengan cek berkala atau servis. Biasanya memang oli, ban yang menipis, atau bagian dalam. Memang penting nyari tempat yang terpercaya buat motor. Makasi infonya.

    Balas
  7. Bener banget. Sepeda motor memang kudu rajin dirawat, salah satunya dengan cek berkala atau servis. Biasanya memang oli, ban yang menipis, atau bagian dalam. Memang penting nyari tempat yang terpercaya buat motor. Makasi infonya, Kak.

    Balas
  8. Bener banget. Sepeda motor memang kudu rajin dirawat, salah satunya dengan cek berkala atau servis. Biasanya memang oli, ban yang menipis, atau bagian dalam seperti mesinnya. Memang penting nyari tempat yang terpercaya buat motor. Makasi infonya, Kak.

    Balas
  9. Dulu waktu punya motor jarang banget perhatiaan sama hal-hal begini, tinggal serahin ke bengkel dan mereka yang cek tapi ya gitu harganya jadi muahaall hehe tapi kalau ada planet ban dekat tempat tinggal langsung kesana aja ya haha tanpa mumet cek lagi…yeaayy

    Balas
  10. Servis kendaraan bermotor, seperti motor, memang wajib rutin dilakukan ya kak. Jangan sampai saat digunakan, kendaraan pun ngadat hanya karena kelupaan ganti oli atau membersihkan filter-filter. Planet Ban bagus juga sih menawarkan solusi-solusi terjangkau dan praktis agar kendaraan tetap aman dan nyaman saat digunakan.

    Balas
  11. Betul nih. Wajib tahu bagian-bagian motor yang perlu dicek berkala dan di service agar motor tetap nyaman digunakan selama perjalanan.

    Kalo motor oke, mau kemana aja jadi lancar tanpa hambatan. Yuk, jangan lupa service motor yaa secara berkala di Planet Ban!

    Balas
  12. Betul nih. Wajib tahu bagian-bagian motor yang perlu dicek berkala dan di service agar motor tetap nyaman digunakan selama perjalanan.

    Kalo motor oke, mau kemana aja jadi lancar tanpa hambatan. Yuk, jangan lupa service motor yaa secara berkala di Planet Ban!

    Balas
  13. Sebagai ibu-ibu yang ga bisa naik motor dan jadi penumpang profesional, aku nggak ngerti soal servis tapi jadi yang paling bawel ketika motor mulai nggak enakeun… beneran kan, yg kerasa tuh penumpang, haha.

    Jadi kalau udah berasa aneh, aku suruh suami unutk buru2 servis motornya biar aman dan nyaman berkendara kesana kemari.

    Balas
  14. Oli gardan ini suka kelupaan, yang diingat cuma oli mesin aja, hehe

    Makasih artikelnya, sangat bermanfaat untuk para ciwi-ciwi yang buta mesin motor 😅

    Balas

Tinggalkan komentar