Inilah 6 Ide Usaha di Desa yang Super Menguntungkan

Photo of author

By admin

Anda ingin pulang ke kampung halaman tapi takut tidak punya pekerjaaan? Sebaiknya jauh- jauh pikiran negatif tersebut. Sekarang ini kehidupan di desa tidak jauh beda dengan di kota. Bahkan peluang usaha di desa juga sama besar. Di artikel ini, saya akan mengulas tentang ide usaha di desa yang menguntungkan. Simak ulasannya di bawah ini.

Dahulu, pekerjaan di desa selalu dikaitkan dengan pertanian. Namun dengan perkembangan teknologi, berbagai usaha pun bisa dilakukan di sana. Apalagi saat ini sebagian besar masyarakat desa juga sudah melek teknologi. Jadi, usaha yang ada di kota bisa juga di adopsi untuk dijalankan di desa dan tentu saja dengan berbagai penyesuaian sesuai situasi dan kondisi.

Usaha Apa yang Cocok Untuk Pemula di Kampung?

Saat sudah lama tinggal di kota kemudian memutuskan untuk pulang kampung halaman, ibaratnya seperti memulai kehidupan baru. Selain harus beradaptasi dengan kultur desa yang kadang jauh beda dengan kota, juga harus segera mendapatkan penghasilan.

Tentu saja tidak bisa membuka usaha dan langsung sukses di desa. Kecuali meneruskan usaha keluarga atau sudah merintisnya jauh hari sebelum memutuskan pindah ke sana. Jika memang Anda benar- benar baru akan memulai usaha di desa, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Selain modal tentu saja mencari bisnis apa yang cocok dengan masyarakat sekitar serta menguntungkan.

Usaha yang Menjanjikan di Desa

Sebenarnya banyak keuntungan membuka usaha di desa. Selain factor alam yaitu ketersedian sumber daya alam yang melimpah, lahan yang cukup luas hingga persaingan yang relative kecil. Meskipun begitu harus pintar mencari kira- kira mana usaha yang menguntungkan.

Berikut ini ada setidaknya 6 usaha yang menguntungkan di desa antara lain:

  • Usaha Ayam Petelur

Bagi masyarakat desa beternak ayam seolah tidak lepas dari kehidupan mereka. Dengan memanfaatkan lahan yang luas dan jauh dari pemukiman penduduk tentu tidak sulit memulai usaha ayam petelur ini. Apalagi permintaan pasar akan komoditas telur cukup besar. Jadi, menjual hasil ternak tidak akan mengalami kendala yang berarti.

Selain perawatannya cukup mudah serta ketersedian pakan yang melimpah, besar kecilnya usaha bisa disesuaikan dengan modal. Misalkan saja sebagai pemula Anda dapat membeli 500 ekor ayam petelur sebagai uji coba. Selanjutnya jika tanpa mengalami kendala, bisa mengembangkan dengan menambah jumlah ayam petelur yang dipelihara.

  • Warung Sembako

Bisa dibilang usaha yang selalu dibutuhkan di mana saja dan kapan saja yaitu warung sembako, termasuk di desa. Jika Anda belum punya ide usaha, berjualan sembako bisa jadi pilihan. Memang untuk usaha ini persaingannya cukup ketat. Namun dengan trik khusus, warung sembako Anda bisa berkembang. Misalkan saja dengan memberikan harga yang lebih murah dari warung lainnya atau bisa juga memberikan kenyamanan sehingga pembeli kembali berbelanja di warung Anda.

  • Olahan hasil pertanian

Sering kali saat panen raya atau sedang musimnya, buah hingga sayuran harus dijual murah bahkan dibuang begitu saja. Bahan baku yang melimpah tersebut saying sekali jika tidak diolah sehingga menambah nilai tambah. Anda dapat memulai usaha membuat olahan hasil pertanian seperti membuat keripik, asinan atau camilan lainnya.

Untuk pemasarannya sendiri bisa door to door ke warung- warung sekitar. Bisa juga memanfaatkan internet dengan menjualnya secara online. Secara matematis, diperkirakan usaha ini memiliki keuntungan 30-40% dari modal. Cukup besar kan?

ide usaha di desa tanaman hias

  • Budi Daya Tanaman Hias

Pandemi covid beberapa tahun kemarin menjadi berkah tersendiri bagi pemilik budi daya tanamana hias. Nyatanya setelah pandemic usai, tanaman hias masih menjadi usaha menjanjikan. Bagi yang tinggal di desa, bisa mencoba usaha satu ini. Selain mudah dalam pengerjaan terlebih yang biasa bertani, usaha ini juga minim modal.

Yang jadi catatan, pilih tanaman hias yang sedang popular sehingga mudah dalam penjualan. Serta pertimbangkan juga tanaman tersebut memiliki daya tahan serta memiliki nilai jual yang tinggi sehingga bisa menguntungkan.

  • Perlengkapan Pertanian

Sebagian besar penduduk desa yang berprofesi sebagai petani membutuhkan peptisida, pupuk hingga peralatan pertanian. Permintaan perlengkapan pertanian tersebut semakin besar jika musim tanam.

Agar usaha semakin berkembang bisa juga bekerja sama denga petani sekitar. Caranya dengan meminjamkan pupuk pada petani dan membayarnya saat panen. Umumnya upaya tersebut cukup berhasil khususnya bagi petani yang kesulitan dalam pembelian pupuk.

  • Bengkel Motor

Bengkel motor termasuk usaha menjanjikan yang dilakukan di desa. Pasalnya motor termasuk kendaraan yang popular dan banyak digunakan. Agar performa motor tetap prima atau saat motor rusak tentu membutuhkan bengkel untuk memperbaikinya. Anda bisa mengambil peluang tersebut.

Jika memiliki modal lebih bisa sekaligus usaha jual beli spare part motor. Jadi, bengkel milik Anda bisa menjadi one stop solution bagi permasalahan motor masyarakat desa.

Terus jika tidak memiliki keahlian dibidang mekanik bagaimana? Tenang, Anda tetap bisa menjalankan usaha bengkel. Caranya Anda bisa memperkerjakan orang yang memiliki keahlian mekanik dan Anda yang bertugas mengelola dan mengawasi jalannya usaha.

  • Bisnis pulsa

ide usaha di desa jualan pulsa

Internet masuk desa juga bisa menjadi peluang usaha di desa, salah satunya dengan jualan pulsa. Saat ini pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan wajib sebagian orang. Peluang pasar yang luas tersebut bisa menjadi ide usaha bagi Anda. Terlebih jadi agen pulsa ini tidak memerlukan modal besar serta bisa menjadi kerja sampingan.

Penutup

Sesuai dengan pepatah “Dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan” begitu juga dengan peluang usaha di desa. Sebenarnya masih banyak usaha di desa yang menguntungkan. Jadi bagi Anda yang ingin bekerja di kampung halaman atau memulai usaha di desa jangan pesimis ya. Agar makin yakin membuka usaha di desa yang menguntungkan, Yuk baca juga artikel kami tentang usaha di desa yang belum banyak pesainganya. Jangan lupa dibaca juga agar usaha Anda di desa semakin lancar jaya.

Bagikan:

40 pemikiran pada “Inilah 6 Ide Usaha di Desa yang Super Menguntungkan”

  1. usaha ayam petelur nih yang dijalankan ortuku setelah pensiun dan tinggal di desa. relatif santai dan menguntungkan. apalagi kalau sudah punya langganan tetap

    Balas
  2. Bisnis tarik dan setor tunai juga bisa dicoba buat usaha di desa. Bisa membantu masyarakat desa untuk lebih gampang untuk transfer, tarik dan setor uang

    Balas
  3. Boleh nambahin ya, karena ini pengalaman keluarga saya sendiri. Hidup di desa. Ibu saya penjahit, adik saya buka bengkel elektronik dan jasa instalasi internet. Laris lho..

    Balas
  4. Bisnis pulsa menarik nih. Kan pasti perlu walaupun di desa. Zaman sekarang komunikasi mudah pakai ponsel. Kalau dulu kan ke wartel…
    Nice info Kak. Nah, lanjut nih bisnis apa yg belum banyak pesaingnya…

    Balas
  5. Nah, buka warung sembako ini peluang usaha yang cukup menjanjikan di desa. Jadi nggak selalu harus kerja atau usaha di kota ya, di desa pun tetap bisa berpenghasilan.

    Balas
  6. Nah, buka warung sembako ini peluang usaha yang cukup menjanjikan di desa. Jadi nggak selalu harus kerja atau usaha di kota ya, di desa pun tetap bisa berpenghasilan…

    Balas
  7. Hasil pertanian atau tanaman hias laris manis di desa Eyang. Soalnya tanah di sana subur sekali. Kayaknya lempar biji buah ke tanah aja langsunh tumbuh tanpa harus diperlakukan khusus

    Balas
  8. Di desaki Kuningam ada satu orang bisnis ayam petelur. Dan aku tau dari nol. Memang sangat menguntungkan plus penuh perjuangan. karena aku tau jatuh bangun usahanya

    Balas
  9. Banyak ide untuk memulai dan bangun usaha di desa. Apalagi bisa dikatakan lahannya mendukung juga ya. Cuss semangat berbisnis

    Balas
    • Dari pengamatan sepertinya bisnis pulsa menarik ya secara saat ini hampir semuanya menggunakan ponsel entah untuk browsing atau komunikasi dengan seseorang yang terpisah jarak

      Balas
  10. Selalu ada peluang di kampung. Namun harus semangat membara, karena pasti ada tantangannya. Misalnya warung sembako itu tantangannya dari para tetangga. Dikasih utang, modal lama baliknya. Ga dikasih utang, marah, terus cerita 1 kampung hehehe.

    Balas
  11. Udh aku coba tuh usahanya semua kecuali bengkel krn aku ga pny kemampuan di situ tuh. Dan tetangga udh pny usaha serupa. Masa harus saingan. Hehe.

    Sebenarnya bisnis pulsa tuh enak banget. Masalahnya kalo mereka ngutang dan bayarnya lama. Duh udh untungnya sedikit tp ngutangnya lama bgt. Haha. Kan kita butuh duit buat muter usaha. Duh jadi curcol nih. Wkwkw.

    Balas
  12. Gak nyangka, bisnis bengkel motor bisa jadi peluang yang bagus di desa. Kebetulan di desa saya begitu. Tapi kalau dipikir beralasan sih. Orang desa sudah banyak yang punya motor. Sementara bengkelnya terlalu jauh kalau harus ke kota.

    Balas
  13. Sembako sama bengkel itu cukup laris di tempat saya
    Kalau pulsa gitu saat masuk internet wah udah mulai pada beli sendiri melalui e-commerce dan e wallet

    Balas
  14. Wah, ide bengkel motor di desa emang keren banget! Gak cuma bikin motor masyarakat tetap jalan kenceng, tapi juga bisa jadi pusat solusi lengkap buat masalah motor mereka. Kalau aku sih gak punya keahlian mekanik, tapi kayaknya bisa dong hire mekanik yang berpengalaman sambil aku handle manajemennya. Pasti bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan! 💼🔧

    Balas
  15. Dengan teknologi dan internet yang sudah sampai ke desa-desa, mestinya memang lebih membuka peluang usaha ya. Pengolahan hasil pertanian tuh yang sepertinya perlu perhatian serius supaya hasil panen tidak mubazir dan petaninya juga bisa sejahtera.

    Balas
    • Warung sembako jadi pilihan sepupu aku saat banting setir bikin usaha di desa. Sepupu yang lain berencana bikin toko bangunan dan penyewaan scafolding. Kalau aku mungkin kelak bikin usaha crafting..

      Balas
  16. Menjual alat-alat pertanian maupun sembako biasanya laris manis karena banyak masyarakat yang membutuhkannya. Tapi sejak awal harus memiliki sistem yang tegas agar enggak dihutang. Pengalaman tetangga, beliau berhenti jualan karena lelah dengan drama ngebon dulu huhuhuuuu..

    Balas
  17. Wah, sebagai “orang kota”, ini sebuah insight dan sudut pandang yang baru juga sih buat aku.. konsep bisnis-bisnis ini bagus sekali dan cocok diterapkan juga ya di desa

    Balas
  18. Warung sembako nih yang masuk ke dalam usaha nggak ada matinya. Mau di desa atau di komplek perumahan di pinggiran kota pun, keberadaannya sering jadi penyelamat saat butuh beli barang kebutuhan, semisal tepung atau telur saja. Termasuk yang cepat berkembang pula. Bahan pokok soalnya yang dijual.

    Balas
  19. bisnis pulsa dan bengkel nih pastinya dibutuhkan banget di daerah pedesaan. banyak pengguna smartphone juga kan di desa dan bengkel kebanyakan adanya di pusat kota atau kecamatan. kalo usaha toko pertanian mah udah pasti ya

    Balas
  20. Tambahin, Kak, produk digital kayaknya perlu juga ada di desa, asalkan internet udah masuk, bisa tuh jadi peluang usaha yang menguntungkan juga di desa. Sama kursus terkait digital kali, bikin semacam tempat les di rumah gitu juga bisa

    Balas
  21. Sepupu aku pulkam setelah bertahun-tahun kerja di Jakarta, lalu di desa bikin usaha sembako dan sewa kios. Alhamdulillah laris manis. Kelak kalau aku banting setir cari penghidupan di desa sepertinya akan buka tempat les atau usaha crafting…

    Balas
  22. Warung sembako jadi pilihan sepupu aku saat banting setir bikin usaha di desa. Sepupu yang lain berencana bikin toko bangunan dan penyewaan scafolding. Kalau aku mungkin kelak bikin usaha crafting..

    Balas
  23. Cukup banyak ya usaha yang bisa kita lakukan di desa.. jadi walaupun tinggal di desa, sebenernya masih byk usaha yg bs kita lakukan yaaa kak

    Balas
  24. Kayaknya kalau di desa itu pilihan pekerjaannya lebih banyak ya, soalnya untuk lahan biasanya masih banyak, jadi bisa mulai melakukan peluang bisnis yang memerlukan lahan luas. Jadi pengen tinggal di desa deh..

    Balas
  25. Kalau di desaku, karena dekat dengan laut. Usaha pengolahan ikan asap dan jual beli seafood lumayan bagus potensinya. Selain itu, warung sembako juga dapat menjadi pilihan. Banyak orang didesa malas jauh-jauh kekota hanya untuk beli kebutuhan harian.

    Balas
  26. Dari semua list di atas buat saya yang terlihat menguntungkan itu bengkel sih soalnya bisnis di desa itu rentan yang namanya di Utangi. Apalagi buat bisnis pulsa karena saya udah merasakannya sendiri sampai jungkir balik malah modal yang hilang karena banyak yang nunggak bayar

    Balas
  27. Keren banget nih ide untuk membuat tulisan tentang usaha di desa. Karena mindset banyak orang biasanya menganggap di desa peluang kerja dan usaha jauh lebih sedikit dibanding di kota. Ternyata, di desa pun banyak peluang usaha yang menguntungkan, ya. Di mana pun lokasinya, peluang usaha itu selalu ada, asal kita mau berusaha dan bergerak, ya.

    Balas
  28. Bisnis pulsa di desa snagat pas banget, secara masih terbuka peluang itu. Tidak semua orang di desa mau ribet proses beli pulsa. Maunya mereka bayar, dapat pulsa sudah. Padahal kalau transaksi sendiri kan lumayan hemat

    Balas
  29. bisnis pulsa di desa masih worth it yaa? wah, kalau di kota kayaknya udah jarang ya gerai-gerai pulsa gitu walau masih ada dikit. boleh juga ya jadi peluang

    Balas
  30. ipar saya usaha ternak ayam, tapi memang sudah kerjasama dengan salah satu perusahaan. tapi desa bisa jadi tempat yang bagus buat usaha ternak karena pakan dan lingkungan mendukung

    Balas
  31. ipar saya usaha ternak ayam, tapi memang sudah kerjasama dengan salah satu perusahaan. tapi desa bisa jadi tempat yang bagus buat usaha ternak karena pakan dan lingkungan mendukung..semangat pejuang nafkah

    Balas
  32. Warung sembako dan konter pulsa emang bisnis yang paling mudah di desa. Dan menguntungkan juga. Maksudku, semua orang pasti butuh sembako dan pulsa tak perduli tinggalnya di mana. Benar kan?

    Balas
  33. Berternak juga lumayan menjanjikan mba. Saat ini ternak kambing etawa misalnya, bisa menjanjikan puluhan juta rupiah tiap bulannya jika sudah berjalan baik..
    Atau ngeblog misalnya, soalnya ada tetangga yang bisa mencukupi harian hanya dari blog

    Balas

Tinggalkan komentar