Tips Memiliki Rumah di Desa yang Nyaman

Tips Memiliki Rumah di Desa – Bagi pasangan yang sudah menikah memiliki hunian bagi keluarganya tentu jadi impian. Tidak peduli tinggal di desa atau kota, rumah selalu menjadi prioritas. Biasanya sebelum bisa memiliki rumah sendiri, seseorang akan ikut orang tuanya. Namun jika belum mampu memiliki rumah tapi ingin mandiri pasangan tersebut lebih memilih mengontrak.

Ada yang bilang memiliki rumah di desa tidak semahal di kota. Tapi semurah apapun namanya membangun rumah perlu biaya yang tidak sedikit. Dari mulai harga tanah yang kian melambung tinggi juga biaya bahan bangunan yang tidak sedikit. Belum lagi untuk finishing biasanya membutuhkan ornamen yang bisa mempercantik rumah.

Sehingga tidak heran seseorang bahkan perlu puluhan tahun hingga pada akhirnya memiliki rumah.
Tinggal di desa kini tidak jauh berbeda dengan di kota. Akses listrik dan internet membuat semakin tipis perbedaan tersebut. Tidak terkecuali dengan masalah tempat tinggal. Di desa pun sekarang sudah banyak perumahan dibangun dengan model rumah modern yang mirip di kota. Jadi tinggal memilih dimana kira- kira jadi tempat tinggal yang nyaman bagi keluarga.

Keunggulan tinggal di desa

Bagi sebagian alasan orang memilih tinggal di desa karena beberapa sebab. Selain karena tanah kelahirannya, ada juga karena hal berikut ini :

Udara sejuk

Di desa lahan masih cukup luas. Biasanya lahan yang kosong akan ditumbuhi berbagai tanaman. Dari tanaman hias hingga buah- buahan yang cukup lebat saat berbuah. Tanaman tersebut selain menghasilkan buah juga membuat udara di sekitarnya lebih sejuk. Tidak mengherankan jika di desa udara lebih segar dari perkotaan karena masih banyak tanaman yang menyerap CO2. Udara desa yang sejuk baik bagi orang tua yang ingin menikmati masa tua atau orang dalam masa penyembuhan.

Lahan lebih luas

Petani menjadi salah satu profesi yang banyak dipilih warga desa. Luasnya lahan pertanian menjadi alasan penduduk desa masih banyak yang berprofesi sebagai petani. Selain itu, keberadaan rumah yang tidak sepadat di kota membuat lahan di desa masih cukup luas.

Tenang

Di desa aktivitas masyarakatnya tentu tidak sepadat di kota. Pabrik hingga kendaraan bermotor juga masih jarang. Suasana yang tenang dan tidak bising membuat orang yang ingin hidup tenang memilih tinggal di desa.

Biaya hidup relatif lebih murah

Mudahnya mendapatkan berbagai sayuran juga biaya produksi yang murah membuat harga bahan makanan pokok di desa relatif murah. Hal itu berpengaruh pada biaya di desa tidak sebesar di kota.

Sistem kekerabatan masih kental

Biasanya di desa antara warga satu dengan lainnya saling kenal dan terhitung masih memiliki ikatan kekerabatan. Tidak mengherankan jika hubungannya masih dekat dan saling membantu tanpa imbalan saat satu keluarga lain sedang memiliki acara atau hajatan.

Tips Memiliki Rumah di Desa

Berbagai keuntungan tersebut membuat banyak yang masih memilih desa sebagai tempat tinggal. Mereka meskipun beraktivitas di kota tetapi tetap memiliki hunian di desa. Bagi yang memiliki niat untuk memiliki rumah di desa, perhatiakan tips berikut :

Lokasi

Memilih lokasi hunian yang tepat akan mempermudah kehidupan di kemudian hari. Misalnya saja akses lokasi yang mudah dijangkau serta tersedianya air dan listrik. Apalagi bagi daerah yang sering mengalami banjir, lokasi perumahan yang aman penting sekali.

Luas lahan dan rumah

Sebelum memiliki rumah tentu sudah memiliki bayangan besaran rumah hingga lahan yang dibutuhkan. Termasuk bagaimana bentuk rumah serta berapa ruangan yang ada di dalamnya. Sedari awal harus dipikirkan masak- masak sehingga ke depannya ketika membangun rumah sudah tidak ada kendala terkait dengan lahan.

Akses listrik dan internet

Saat ini baik tinggal di desa maupun di kota tipis bedanya sejak listrik dan internet masuk desa. Kedua benda tersebut sangat penting ketersediannya di jaman digital sehingga tidak tertinggal perkembangan teknologi dan arus informasi meskipun tinggal di desa.

Biaya yang dikeluarkan

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun atau memiliki rumah sejak awal harus dipikirkan. Biaya berkaitan dengan lahan yang ditempati, besaran bahan bangunan yang digunakan hingga upah tukang. Untuk menghitung besaran biaya tersebut bisa menghitung dengan kalkulator keuangan untuk membantu siapa saja yang ingin punya rumah tanpa merasa kesulitan.

amortisasi

Kesimpulan

Sekarang ini tinggal di kota maupun di desa memiliki beda yang tipis. Kedua tempat tersebut memiliki kelebihan masing- masing yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. Yang terpenting saat ingin memiliki rumah sudah memikirkan dengan masak termasuk menghitung besaran biaya kepemilikikan rumah dengan kalkulator.

Tinggalkan komentar