Tips Desain Dapur ala Vintage

Memiliki rumah menjadi impian setiap orang. Rumah menjadi tempat kembali, istirahan serta melepas lelah setelah seharian bekerja di luar. Tidak heran, agar kerasan dan nyaman tinggal di rumah desain rumah akan dibuat sesuai dengan karakter pemiliknya. Desain tersebut akan di terapkan di setiap ruangan sehingga memberi kesan bahwa desain rumah tersebut mewakili karakter pemiliknya.

Macam- macam Desain Rumah

Bicara desain rumah ada secara garis besar ada 3 macam yaitu :

Desain rumah minimalis

Saat ini desain rumah minimalis banyak diminati. Biasanya desain ini banyak digunakan kaum muda yang dinamis dan hidup minimalis. Konsep minimalis terlihat dari minimnya interior pada rumah dan di desain berdasarkan fungsinya. Rumah juga memiliki pencahayaan yang cukup dan terlihat lapang karena minim sekat. Selain itu untuk warna dinding dan interiornya lebih ke warna netral seperti putih, coklat dan krem.

Desain rumah modern

Untuk desain rumah modern ini menghadirkan konsep kekinian dalam setiap sudutnya. Sentuhan modern terlihat dari penggunaan teknologi terutama pada perabot rumahnya. Hampir sama dengan desain minimalis, konsep modern ini juga mengedepankan ruang yang lapang dan penuh pencahayaan.

Desain rumah vintage

Bagi yang rindu dengan masa lampau dan suasana pedesaan bisa mengambil konsep rumah vintage. Ciri khas dari desain vintage pada penggunaan material bangunan yang berasal dari alam. Misalnya penggunaan kayu pada perabotnya serta bambu pada dindingnya.

Pada ruang tamu jika ingin menghadirkan kesan vintage bisa memilih sofa sebagai tempat duduknya. Sedangkan untuk meja tahu menggunakan kayu ada meja kaca. Terus untuk karpetnya letakkan di bawah sofa dan meja. Pilih motif karpet floral atau animal dengan warna cerah yang memberi kesan berwarna pada ruangan.

Desain vintage cocok juga diterapkan pada dapur sehingga semakin memunculkan kesan kehangatan saat makan bersama dengan keluarga.

Tips Desain Dapur Gaya Vintage

Bagi Anda yang ingin mendesain dapur ala vintage, bisa simak tips berikut ini :

  • Gunakan rak kayu

Agar kesan jadul pada dapur semakin kuat bisa menggunakan rak kayu yang terbuka. Rak tersebut bisa sekaligus sebagai tempat barang antik seperti guci misalnya. Selanjutnya untuk westafel keramik cuci piring senada dengan kabinet kayu. Untuk melengkapi kesan vintage bisa juga menambahkan meja kayu dan peralatan makan juga dari kayu. Bagi yang kesulitan menggunakan kayu, material vinyl bisa sebagai alternatifnya.

  • Gunakan perabotan retro

Agar kesan vintage semakin kental, perabotan di dapur pun bisa menggunakan barang jadul. Misalnya pemanggang roti jadul dan mesin pembuat kopi. Selain perabot, kesan retro juga bisa didapatkan dengan memasang hiasan dinding berbahan kayu dan serta kaca antik. Bisa juga dengan menggunakan barang- barang lama sebagai interiornya. Selain memberikan kesan vintage makin terasa, tentunya juga lebih hemat pengeluaran

  • Pilih warna pastel

Untuk warna dapur bisa menggunakan warna pastel sehingga kesan vintage semakin kuat. Warna pastel ini serasi dengan perabot rumah vintage yang berwarna cokelat. Tidak hanya perabot, lampu pun dibuat warna kuning. Sedangkan untuk korden lebih ke motif sederhana yang memberikan kesan romantis dan natural

  • Tambahkan lilin

Meskipun sebagai pelengkap, keberadaan lilin memberikan kesan elegan. Yang perlu diperhatikan akan kesan vintage terasa teman lilin juga harus bernuasa jadul.

Kesimpulan

Membuat desain rumah yang sesuai dengan keinginan akan membuat nyaman penghuninya. Apalagi jika di dukung dengan interior yang sesuai mampu menunjukkan karakter pemiliknya. Seperti gaya vintage ini meskipun memberikan kesan jadul dan mirip pedesaan nyatanya juga banyak diminati.

Tinggalkan komentar