Bahan Pengusir Tikus Alami di Rumah dan Pertanian

Bahan pengusir tikus alami- meskipun digambarkan sebagai hewan lucu dan menggemaskan dalam kartun dan animasi, hewan tikus dalam kehidupan nyata sangat menjijikkan dan juga membahayakan. Kehadiran tikus, sering mengganggu tanah pertanian, terutama beras. Tikus bahkan sering pergi ke rumah, sehingga tikus tidak menyebabkan rumah-rumah kotor dan beberapa furnitur rusak, teman pertanian membutuhkan penolak tikus.

Serangan tikus pada lahan pertanian menyebabkan kerusakan yang cukup tinggi, sehingga sangat merugikan bagi petani. Namun, jika teman pertanian menggunakan racun mouse atau pestisida yang bahan kimia itu pasti akan mempengaruhi hasil panaskan. Oleh karena itu, dalam diskusi ini, kami akan memberikan solusi penolak mouse alami baik di lahan tanam dan juga di rumah.

Bahan penolak tikus yang efektif

Penggunaan bahan kimia saat penolak tikus memiliki beberapa kelemahan, termasuk tikus dapat mati di sarang dan menyebabkan bau yang tidak menyenangkan muncul, tetapi sulit untuk menemukan sumbernya. Selain menggunakan bahan kimia, ternyata bahan-bahan alami yang terkandung di dapur juga dapat digunakan untuk mengusir tikus. Bahan-bahan alami meliputi:

Merica bubuk

Kandungan tinggi senyawa Piperin dalam paprika bubuk, memiliki bau yang sangat menyengat dan akan mengganggu tikus, kemudian menyebabkan tikus pergi. Tempatkan bubuk lada di tempat persembunyian atau juga di tempat yang sering dilewati dan dikunjungi oleh tikus.

Kulit durian.

Hal yang sama seperti bubuk merica, aroma durian yang menyengat pada kulit durian juga efektif untuk mendorong tikus, karena dianggap mengganggu tikus. Petani cukup untuk memotong kulit durian menjadi kecil, lalu letakkan di tempat yang sering dikunjungi oleh tikus.

Soda kue.

Peringatan ketiga tahun tikus dapat menggunakan baking soda, cara mencampur baking soda menjadi makanan yang sering dimakan oleh tikus. Setelah makan makanan yang telah dicampur dengan memanggang soda, baking soda yang menghasilkan gas membuat tubuh tikus menggembung karena tidak dapat menghapus gas.

Mudah, tikus akan terus berlari ke ruang terbuka, sebelum akhirnya mati karena memegang gas. Tikus tidak akan segera mati di tempat yang kemudian akan menyebabkan masalah baru lagi. Jadi teman-teman petani tidak perlu repot melempar selendang.

Kantong teh

Kadar peppermint yang terkandung dalam kantong teh, akan menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan hidung dan tikus. Iritasi hidung memiliki dampak pada kurangnya fungsi indera bau tikus, secara alami tikus akan meninggalkan rumah.

Kulit telur

Aroma kulit telur sama dengan aroma paprika bubuk dan juga aroma kulit durian. Aroma akan mengganggu tikus, itu dapat membuat tikus keluar dari tempat persembunyian dan juga meninggalkan rumah Anda.

Cara petani dapat dilakukan adalah menghancurkan kulit telur, sampai kulit telur mengubah bentuk menjadi bubuk. Kemudian, teman petani dapat meletakkan bubuk telur di daerah atau tempat yang sering dilewati dan juga dimaksudkan oleh tikus.

Cara Memberantas Tikus di Tanah Pertanian

Jika teman petani ingin mengendarai tikus di lahan pertanian, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan di awal penanaman. Ini dimaksudkan sehingga ketika tanaman padi pada periode bunting, hama tikus yang tidak akan menyebabkan kerugian. Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan teman-teman petani, antara lain:

Pasang pagar di darat

Dengan memproduksi tanah, tikus akan enggan memasuki area penanaman, yang disertakan dengan lokasi semai. Pasang pagar di tanah dari awal dan sebelum periode berbuah, untuk mengurangi kemungkinan tikus masuk dan pada akhirnya berkembang biak dalam penanaman.

Pasang penolak tikus

Tikus memiliki batas toleransi tubuh untuk beberapa hal seperti cahaya, air, suhu, dan juga suara. Alat-alat yang sering digunakan saat ini adalah pengusir elektronik, yang akan menghasilkan gelombang ultrasonik.

Gelombang ultrasonik kemudian akan mengganggu telinga tikus. Namun, teman-teman petani harus berhati-hati dan menyarankan untuk menggunakan alat mewah elektronik ini, di tanah berskala luas.

Selain menggunakan reporter elektronik, seorang teman pertanian dapat menghancurkan hama tikus. Cara dengan melakukan brender atau dengan kata lain adalah api api, dan memompa air ke dalam sarang hama mouse.

Pasang jebakan

Penolak tikus lebih lanjut adalah perangkap tikus atau alat perangkap mouse, dapat digunakan teman-teman di tanah berskala kecil. Jika Anda ingin menggunakan alat perangkap ini pada lahan skala besar, Anda memerlukan jumlah alat perangkap yang jauh lebih besar.

Melakukan sanitasi lingkungan

Jika seorang teman petani melakukan sanitasi lingkungan, area penanaman akan menjadi tidak menguntungkan, bahkan cenderung membahayakan pemuliaan hama tikus. Sanitasi lingkungan yang dapat dilakukan teman pertanian adalah dengan membersihkan gulma, mulai dari pematang hingga saluran irigasi, terutama di tanggul tinggi

Gunakan Budaya Teknis.

Untuk mengurangi tikus di tanah, teman pertanian dapat melakukan sistem tanah yang baik. Sedangkan, untuk dapat mengurangi siklus hama mouse ini di area tanam yang luas, teman pertanian dapat melakukan sistem penanaman simultan

Lakukan tindakan berburu massal

Aksi berburu mouse massal ini, Anda dapat melakukannya dengan melibatkan banyak elemen, beberapa di antaranya dimulai dari petani, pejabat desa, agen TANI, bahkan tentara yang tidak biasa juga mengambil tindakan ini.

Target utama aksi berburu tikus dalam jumlah besar adalah habitat utama dan sarang tikus, seperti jalan-jalan sawah, di sepanjang sawah, lubang yang ada di sekitar sawah atau tempat lain yang ditunjukkan sebagai sarang Tius. Setelah sarang ditemukan, massa biasanya menangkap tikus, kemudian dievakuasi (dapat dimakamkan atau dibakar).

Pemanfaatan musuh alami

Musuh alami tikus memiliki berbagai jenis, mulai dari kelompok kelompok AVES atau Bird, Mamalia, dan Reptil. Predator mouse dari kelompok burung termasuk burung hantu putih, cokelat burung hantu, dan juga pencuri kowak.

Untuk predator tikus dari kelompok mamalia, terdiri dari kucing, anjing, dan juga pemogokan. Sementara itu, predator alami tikus yang berasal dari reptil adalah ular tikus, Python Sanca, ular kobra dan ular hijau.

Di antara semua predator alami tikus, predator terbaik adalah burung hantu. Ini karena burung hantu dapat menemukan mangsanya lebih baik, dibandingkan dengan predator lain, juga karena fisiologi burung hantu besar akan membuat burung hantu mengkonsumsi tikus dalam jumlah besar.

Kesimpulan

Keberadaan tikus di lahan pertanian sangat merugikan. Untuk itu lakukan pengusiran tikus baik secara alami maupun dengan menggunakan berbagai bahan serta alat yang tentu saja harus diperhatikan juga keamanannya.

Tinggalkan komentar